Resensi: MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MUDAH

 

MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MUDAH


Identitas Buku

Judul               : Penelitian Tindakan Kelas

Pengarang       : Dr. Iskandar, M.Pd.

Penerbit           : Referensi (GP Press Group)

Tahun terbit     : 2012

Tebal buku      : 186 halaman

 

Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang kondusif guna meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas. Selain proses pembelajaran yang kondusif, dibutuhkan pula guru yang professional untuk membantu kegiatan belajar mengajar guna mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran. untuk mewujudkan guru yang professional, dibutuhkan pula sikap kreativitas dan inovatif untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas selama kegiatan pembelajaran. salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas ialah dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah pembelajaran di kelas. Buku berjudul “Penelitian Tindakan Kelas” ini akan membantu guru atau peneliti dalam melakukan penelitian untuk mewujudkan tercapainya mutu pembelajaran yang baik di kelas.

Buku ini ditujukan kepada kalangan akademis, baik guru, dosen maupun mahasiswa yang akan melakukan penelitian yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Cover buku yang berwarna cerah dan ilustrasinya yang sesuai pun membuat buku ini terlihat menarik. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca sehingga pembaca dapat memahami isinya dengan baik. Buku karya Dr. Iskandar, M.Pd. ini berisi materi yang disusun secara lengkap dimulai dari urgensi penelitian tindakan kelas sampai tahapan penyusunan laporan penelitian tindakan kelas. Buku ini mencoba menampilkan sosok isi buku yang berbeda sehingga membawa khazanah baru dalam metode penelitian social dan pendidikan. Setiap sub bab dalam buku ini dilengkapi dengan pendahuluan sebagai pengantar bagi pembaca sebelum mendalami materi yang akan dipahami. Di dalam isi buku juga dilengkapi dengan contoh-contoh yang berguna bagi pembaca untuk memberikan inspirasi atau pedoman dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas.

Sayangnya,  buku ini tidak dilengkapi dengan glosarium sedangkan di dalam buku ini juga terdapat cukup banyak istilah-istilah yang kurang dipahami oleh pembaca. Apalagi yang membaca adalah seorang mahasiswa, jika menemukan istilah sulit yang tidak dipahami harus membuka kamus atau mencari di internet terlebih dahulu untuk mengetahui maknanya.  

Buku ini layak digunakan sebagai referensi bagi para peneliti yang akan melakukan penelitian tindakan kelas. Isi dari buku ini dapat membantu pembaca memahami konsep dari penelitian tindakan kelas serta langkah yang harus dilakukan saat melakukan penelitian tindakan kelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT COVER BUKU DENGAN COREL DRAW

Saya dan Universitas Negeri Semarang