Resensi: MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MUDAH
MELAKUKAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS DENGAN MUDAH
Judul :
Penelitian Tindakan Kelas
Pengarang :
Dr. Iskandar, M.Pd.
Penerbit :
Referensi (GP Press Group)
Tahun terbit :
2012
Tebal buku :
186 halaman
Proses pembelajaran yang baik adalah
proses pembelajaran yang kondusif guna meningkatkan mutu pembelajaran di dalam
kelas. Selain proses pembelajaran yang kondusif, dibutuhkan pula guru yang
professional untuk membantu kegiatan belajar mengajar guna mencapai
keberhasilan tujuan pembelajaran. untuk mewujudkan guru yang professional,
dibutuhkan pula sikap kreativitas dan inovatif untuk memperbaiki mutu
pembelajaran di kelas selama kegiatan pembelajaran. salah satu upaya untuk
memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas ialah dengan
melakukan Penelitian Tindakan Kelas sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah
pembelajaran di kelas. Buku berjudul “Penelitian Tindakan Kelas” ini akan
membantu guru atau peneliti dalam melakukan penelitian untuk mewujudkan
tercapainya mutu pembelajaran yang baik di kelas.
Buku ini ditujukan kepada kalangan
akademis, baik guru, dosen maupun mahasiswa yang akan melakukan penelitian yang
berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Cover buku yang berwarna cerah dan
ilustrasinya yang sesuai pun membuat buku ini terlihat menarik. Buku ini
dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca sehingga pembaca dapat
memahami isinya dengan baik. Buku karya Dr. Iskandar, M.Pd. ini berisi materi
yang disusun secara lengkap dimulai dari urgensi penelitian tindakan kelas
sampai tahapan penyusunan laporan penelitian tindakan kelas. Buku ini mencoba
menampilkan sosok isi buku yang berbeda sehingga membawa khazanah baru dalam
metode penelitian social dan pendidikan. Setiap sub bab dalam buku ini
dilengkapi dengan pendahuluan sebagai pengantar bagi pembaca sebelum mendalami
materi yang akan dipahami. Di dalam isi buku juga dilengkapi dengan
contoh-contoh yang berguna bagi pembaca untuk memberikan inspirasi atau pedoman
dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas.
Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan glosarium
sedangkan di dalam buku ini juga terdapat cukup banyak istilah-istilah yang
kurang dipahami oleh pembaca. Apalagi yang membaca adalah seorang mahasiswa,
jika menemukan istilah sulit yang tidak dipahami harus membuka kamus atau
mencari di internet terlebih dahulu untuk mengetahui maknanya.
Buku ini layak digunakan sebagai
referensi bagi para peneliti yang akan melakukan penelitian tindakan kelas. Isi
dari buku ini dapat membantu pembaca memahami konsep dari penelitian tindakan
kelas serta langkah yang harus dilakukan saat melakukan penelitian tindakan
kelas.
Komentar
Posting Komentar